Inspirasi

Follow by Email

Unik Cara Warga Dibal, Boyolali Meriahkan Kemerdekaan Indonesia

Post by On Sunday, August 19, 2018

pitulasan-dibal1


BOYOLALI,wartosolo.net-Kemeriahan menyambut hari Kemerdekaan ke-73 RI di Boyolali masih bisa dirasakan hingga Minggu, 19 Agustus 2018. Seperti kegembiraan dan kemeriahan yang ditunjukkan warga RW 04 Dibal, Ngemplak, Boyolali dalam menyambut hari jadi Republik Indonesia.
Minggu pagi, lapisan warga baik anak-anak, tua dan muda berkumpul di RT 01/04 untuk menyambut hari lahirnya negara ini. 
Aneka macam kegiatan lomba, bakti sosial dan pengobatan gratis diselenggarakan oleh panitia setempat cukup memberikan hiburan pada akhir pekan. Seperti kegiatan guyup rukun yang diadakan yakni senam massal, jalan sehat, dan panggung kesenian. Acara yang melibatkan seluruh warga RW 04, khususnya pemuda dan orang tua disambut antusias. 
Bagi anak-anak, lomba pecah air dengan mata tertutup memberikan kelucuan dan hiburan tersendiri. Peserta lomba dibekali kayu untuk memecahkan air yang diwadahi plastik dan digantung. Lomba membawa tampah di kepala juga cukup membuat terpingkal-pingkal, karena adu cepat ini butuh keseimbangan bila tidak ingin tampah terbalik.
Event lain yang menarik perhatian adalah bekam gratis. Terapi kesehatan ini, cukup disambut warga yang ingin mendapatkan layanan membersihkan racun tubuh dengan cara dibekam.   
Kunjungi : PT Pertamina TBBM Boyolali Launching Motif Batik "Lembu Patra" 
Ketua RW 04 juga ketua panitia, Heri Suroto kepada Suara Merdeka menuturkan, aneka macam perlombaan, kegiatan sosial dan kesehatan ini memang ditujukan untuk memeriahkan HUT RI dan mengguyubkan warga. 
"Ada macam-macam kegiatan seperti aneka macam lomba, bekam,dan pengobatan gratis. Tujuannya agar warga sini terus guyub rukun" ungkapnya. 
Sementara itu, Ketua RT 01 RW 04, Wiranto mendata ada ribuan warga yang memeriahkan acara tahunan ini. Mereka turut serta menghadiri acara kampung ini. Apalagi warga mengetahui ratusan hadiah hadir yang disediakan cukup menggiurkan seperti, sepeda gunung, kipas angin, dispenser, blender dan banyak lagi. 
"Nah, malamnya masih ada acara pentas seni hadrah, kesenian warga RW 04 di lanjutkan puncak acara 17-an pengajian akbar," imbuhnya. 

pitulasan-dibal2

Ia berharap, setiap tahun warga RW 04 bisa rutin melaksanakan acara-acara  positif seperti ini. Selain menjalin kekeluargaan yang semakin erat, warga jadi semakin guyup rukun dan kompak. 
Sebelumnya, pada 16 Agustus 2018 malam, seluruh penduduk Indonesia berkumpul di gang-gang kampung untuk melakukan acara tirakatan. 
Keesokan harinya, pada 17 Agustus 2018, penduduk Indonesia mengikut upacara bendera. Instansi pemerintahan, swasta, dan anak sekolah mengikuti upcara bendera. 
Presiden RI Joko Widodo dan jajaran kabinet beserta tamu undangan mengikuti upacara bendera di Istana Negara, pada 17 Agustus pagi pukul 10.00. Di sana proses upacara bendera berlangsung lebih sakral. 
Perayaan Kemerdekaan RI ini setiap tahunnya dirayakan dengan beraneka macam warna. Seluruh rakyat Indonesia. (*)

Silahkan kunjungi : Usai Bantu Bantu Pengungsi Gempa Lombok, Enam Personil KRI Dipulangkan 


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »